Breaking

Selasa, 16 Mei 2017

Pengertian SOP






A.Pengertian SOP
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi
kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses
penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

B.Manfaat SOP
  • sebagai standar pekertjaan yng dilakukan pegawi dalam menyeesaikan tugas
  • menguranggis tingkat kesalahan.
  • Menambah tingkat efisiensi dan ektivataspelaksanaan tugas
  • Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagaisituasi.
  • Menberi inforamsi yang berkualiltas.

C.Tujuan SOP
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
  • Menghindari kesalahan yang berlebih.
D.Fungsi SOP
  • Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin
  • mempelancar tugas pegawai.

Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan
visi dan misi perusahaan.

E.Keuntungan adanya SOP
  • Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
  • SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.


F.Penutup
Semoga dengan ada nya pengerian SOP ini setiap pegawai dapat memahami kesulurauhan nya sehingga, saa melaksanakan pekerjaan bisa menghindari kesalahan yang fatal.

Utamakan keselamatan anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Dasar-dasar Jaringan

Dassar-Dasar Jaringan Komputer A. Jaringan komputer adalah sekupulan peralatan atau komputer yang saliang berhubungan u...

Cari Blog Ini

Recent

Comment

Adbox